Alasan Mengapa Digital Marketing untuk Bisnis di Jaman Modern

Di jaman modern saat ini, banyak hal dihadirkan secara digital. Digital marketing menjadi salah satu usaha masyarakat untuk mempromosikan atau mengenalkan merek dengan memanfaatkan media digital. Tujuannya agar merek yang dipromosikan dapat sampai ke konsumen dengan cepat dan relevan. Pemasaran digital menggabungkan faktor humanis, psikologis, teknologi dan antropologi yang akan menghasilkan media baru berkapasitas lebih besar dan interaktif. Melalui pemasaran digital, pelayanan perusahaan dinilai lebih efektif.

Peranan Digital Marketing untuk Bisnis di Jaman Modern

Banyak perusahaan yang menggunakan digital marketing sebagai strategi untuk mendapatkan keuntungan atau laba. Dengan fitur penunjang yang hadir di jaman modern saat ini, digital marketing sangat efektif bagi sebuah bisnis. Untuk mengetahui alasan mengapa digital marketing baik untuk bisnis yang dijalankan di jaman modern, simak ulasannya di bawah ini:

1. Kemudahan terhubung dengan konsumen

Digital marketing dapat memberikan kemudahan kepada pelaku bisnis untuk berinteraksi dengan konsumen. Konsumen akan merasa sangat dihargai ketika mendapatkan respon dan pelayanan cepat oleh pemilik bisnis atau usaha. Pemilik bisnis juga dapat mengenalkan produk terbarunya kepada konsumen melalui digital marketing.

2. Dapat melacak perilaku konsumen

Dengan digital marketing, pelaku bisnis dapat mengetahui hal-hal apa saja yang sedang dibutuhkan oleh konsumen saat ini. Agar dapat melacak perilaku konsumen, pemilik bisnis dapat memanfaatkan Artificial Intelligence atau fitur kecerdasan buatan. Banyak perusahaan yang menggunakan fitur ini guna meningkatkan pelayanan kepada para konsumennya. Fitur ini juga dapat meningkatkan penjualan produk dan mendatangkan banyak keuntungan melalui produk-produk yang dijual.

Pangsa pasar semakin meluas dengan adanya digital marketing. Konsumen baru dapat terjaring melalui strategi pemasaran digital. Pemilik bisnis dapat menggunakan media sosial, email dan website perusahaan untuk memperluas pangsa pasar. Tidak hanya dalam negeri, negara-negara di luar negeri menjadi pangsa pasar yang terjamah berkat digital marketing.

Tipe Pemasaran Digital

Pemasaran digital terbagi menjadi beberapa tipe, salah satunya adalah pemasaran internet. Email merupakan tipe digital pemasaran internet yang dapat dimanfaatkan untuk layanan informasi produk dan jasa. Hukum yang mengatur aturan mengenai email komersial disebut dengan CAN-SPAM Act. Hukum ini memiliki beberapa persyaratan, seperti:

  1. Melarang menggunakan informasi menyesatkan atau palsu
  2. Tidak boleh menggunakan baris subjek menipu
  3. Menyertakan lokasi pos fisik yang telah terdaftar pada Postal Service

Tidak hanya email, pemasaran internet dapat dalam bentuk sender score. Layanan gratis ini memberikan rating terhadap reputasi alamat IP email. Sender score merupakan angka penting guna berada pada posisi teratas. Jika angka penting ini berada pada posisi yang rendah, maka email yang masuk akan sulit untuk ditemukan. Email yang tidak masuk dapat disebabkan oleh reputasi pengirim yang buruk. Jika tidak ingin menemukan kondisi seperti ini, pemilik bisnis dapat mengandalkan jasa digital marketing Jakarta dalam melakukan pembuatan pemasaran digital.

Tipe pemasaran digital yang kedua dilakukan tanpa menggunakan internet. SMS menjadi bentuk pemasaran dalam bentuk teks yang dibuat di dalam ponsel. Pemasaran tipe ini telah dilakukan di beberapa negara Asia, Amerika Utara dan Eropa. Tahun 2005 merupakan tahun dimana ponsel merupakan alat promosi yang sah. Selain SMS, iklan banner menjadi bentuk iklan tanpa internet lainnya. Iklan jenis ini muncul pada sebuah halaman website yang bertujuan untuk mempromosikan situs atau blog milik pemilik.